Hadits Online

Senin, 28 Oktober 2013

Aplikasi Pembaca Ebook dan Dokumen di Android


Aplikasi Pembaca Ebook dan Dokumen di Android

Barangkali ada di antara anda yang memiliki ponsel atau pun ipad berbasis android, tapi masih belum mengetahui aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk membaca ebook dan dokumen. Atau anda sudah mengunduh dan memasangnya tapi ternyata untuk beberapa jenis ebook dan dokumen, aplikasi itu tidak bisa membaca beberapa karakter atau huruf, misalnya huruf arab. Atau kalau bisa ternyata putus-putus atau terbaca terbalik dari kiri ke kanan bukan dari kanan ke kiri sebagaimana aturan menulis huruf arab. Jika anda mengalaminya, berikut ini kami berikan beberapa aplikasi yang bisa menjadi alternatif buat android anda.

EbookDroid
Aplikasi gratis ini dapat membaca file ebook berformat pdf dan djvu seperti terjemah kitab Nailul Author yang sudah pernah kami cantumkan linknya di blog ini. Anda dapat mengunduhnya melalui google play store atau jika kesulitan bisa mengunduhnya di link ini. Saat kami menulis artikel ini, mulai ebookdroid versi terakhir yakni 2.0 agaknya sudah tidak gratis lagi, kecuali versi sebelumnya yang linknya kami cantumkan di atas. 

SuperCHM
Sebagaimana namanya aplikasi berukuran kecil ini digunakan untuk membaca file berbentuk CHM. Anda bisa mengunduhnya di google play store atau jika mengalami masalah bisa mengunduhnya di sini.

OliveOffice Premium
Aplikasi ini digunakan untuk membaca file berformat doc, docx, ppt, xls, pdf dan chm (hanya untuk beberapa jenis file chm). Dari uji coba beberapa aplikasi sejenis, menurut kami aplikasi ini cukup bagus, karena mampu membaca huruf arab dengan baik dibanding yang lain. Untuk mengunduhnya silahkan kunjungi google play store atau jika kesulitan bisa mengunduhnya di sini. Oh, ya, meski disebut premium, aplikasi ini gratis koq.
Catatan: untuk ujicoba aplikasi serupa di android anda, apakah kompatibel atau tidak, silahkan unduh file berformat docs berikut tentang cara mengetahui waktu-waktu sholat di sini, lalu bukalah dengan aplikasi yang sudah anda install. Jika susunan ayatnya terbalik artinya aplikasi tersebut tidak kompatibel, maka tidak ada salahnya anda menginstall OliveOffice ini.

Moon+ Reader Pro
Aplikasi ini mampu membaca beragam jenis file seperti pdf, epub, mobi, chm, cbr, cbz, txt, fb2 dll. Sesuai namanya aplikasi ini memang tidak gratis. Tapi untuk aplikasi versi lamanya anda bisa mendapatkan gratisannya dengan mencarinya di google. Aplikasi yang sudah pernah kami coba adalah versi 1.9.5b. Hanya saja untuk beberapa file, misalnya kumpulan hadits Shohih Muslim format chm yang kami upload di blog ini, agar teks haditsnya terbaca, anda harus mengencodingnya (pilih text encoding: windows-1256) melalui pengaturan pada setingan aplikasi ini. Untuk versi yang lebih tinggi apakah terdapat masalah seperti ini kami belum mengetahuinya. Sedangkan untuk sebagian besar file tidak ada masalah seperti kumpulan hadits Shohih Bukhori, Sunan ad Darimi atau Sunan an Nasai dsbnya.

Demikian beberapa aplikasi untuk membaca ebook dan dokumen di android, semoga bermanfaat.

6 komentar:

  1. assalamu'alaikum. bagaimana cara instalnya? di blocked gitu.
    apakah ada yg harus di setting ?

    trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumsalam wr wb. Mohon maaf baru balas, krn baru sempat buka blog lagi. Jawabannya iya untuk sebagian aplikasi, terutama aplikasi yang diunduh diluar google playstore. Begitu sedikit pengalaman dari saya. Untuk penjelasan lebih luas monggo dicari sendiri via mbah google. Maklum saya sendiri gaptek soal ini.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum! Klo aplikasi untuk membaca documen dlm artian outputx berupa audio, ada ndk ya? Klo ad mohon ingo dan linkx....

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum! Klo aplikasi pembaca documen, dalam artian outputnya berupa audio ada ndk ya? Klo ada mohon info dan linkx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr wb. Maksudnya pembaca audio di android? Kalo ya, setahu saya di setiap perangkat android sudah ada. Kecuali untuk file audio tertentu. Anda bisa cari di google playstore. Umumnya di sana akan disebutkan aplikasi itu bisa untuk memutar file audio apa saja. Unduh aplikasi sesuai file audio yang dimaksud...

      Hapus
  5. Bismillah

    Cara encoding windows 1256 gimana??

    BalasHapus