Hadits Online

Minggu, 29 Desember 2013

Bekam Basah Sesuai Sunnah Jauh Lebih Unggul

Bekam Basah Sesuai Sunnah Jauh Lebih Unggul

Terapi Bekam adalah pengobatan yang sederhana , efektif dan ekonomis. Terapi Bekam adalah pengobatan resmi di rumah sakit-rumah sakit Cina, di beberapa negara Eropa dan negara mayoritas berpenduduk muslim.
Ada dua metode bekam basah yang dipraktekkan di dunia. Metode pertama  dikenal dengan nama metode PC singkatan dari puncturing and cupping yakni metode menusuk lalu membekam. Cara ini meliputi lima langkah : melokalisir titik bekam, sterilisasi, menusuk , membekam dan sterilisasi . Metode kedua adalah metode CPC (cupping, puncturing and cupping) yakni membekam, menusuk lalu membekam lagi. Teknik ini meliputi enam langkah : melokalisir titik bekam, sterilisasi, pembekaman pertama, menusuk, pembekaman kedua dan sterilisasi .

Dalil yang menunjukkan digunakannya metode CPC di masa Rasulullah adalah hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Samurah bin Jundab radhiyallahu ‘anhu berikut ini. Samurah berkata: “Aku bertamu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau memanggil tukang bekam, maka datanglah tukang bekam dengan membawa tanduk dan menempelkan tanduk-tanduk tadi pada (tubuh) beliau. “ Affan (perawi hadits ini) berkata: “Pertama, dengan tanduk, kemudian ia sayat dengan syafarah (pisau kecil). “ (HR Ahmad no. 19237)
Metode CPC dominan di dunia Arab (dan negara yang mempraktekkan sunnah bekam), sedangkan metode PC menyebar di seluruh dunia. Pertanyaannya, di antara kedua metode itu mana yang paling baik? Sebuah penelitian yang dilakukan sebuah tim yang dipimpin oleh Salah Mohamed El Sayed dari Departeman biokimia medis, Fakultas kedokteran, Universitas Sohag Mesir berhasil membuktikan bahwa metode CPC yang dipraktekkan di kebanyakan negeri kaum muslimin ternyata lebih baik dibanding metode PC yang dipraktekkan di Cina dan negara barat lainnya.
Dalam laporan jurnal Alternative and Integrative Medicine berjudul Methods of Wet Cupping Therapy (Al-Hijamah): In Light of Modern Medicine and Prophetic Medicine” yang dipublikasikan pada 15 April 2013 diungkapkan bahwa analisis dari kedua metode membuktikan secara rinci banyaknya keuntungan dalam metode CPC atas metode PC. Metode CPC memiliki efek analgesik yang lebih baik dan manfaat lebih dari sifat viskoelastik kulit.
Selama langkah pembekaman pertama dalam metode CPC (tidak ada dalam metode PC), cairan campuran yang mengandung penyebab zat patologis terkumpul di balik melembungnya kulit akibat pengaruh tekanan negatif hisapan alat bekam. Penyebab zat patologis berbeda dari penyakit satu ke penyakit lain sesuai dengan etiologi dan patogenesis penyakit. Cairan campuran mengandung kumpulan cairan interstisial dan penyebab zat patologis, cairan disaring (dari kapiler darah) berserta penyebab zat patologis, sel darah terhemolisis (sel darah merah hasil hemolisis, leukosit dan trombosit). Cairan campuran tersebut tidak mengandung sel darah utuh karena ukuran mereka jauh lebih besar dari ukuran pori-pori kapiler kulit dan tidak dapat disaring. Campuran cairan benar-benar diekskresikan dalam langkah selanjutnya .
Kami menilai di sini bahwa terapi bekam basah adalah pengobatan yang sangat dianjurkan dalam pengobatan kenabian , sesuai sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam : "Sebaik-baik di antara terapi pengobatan yang kalian gunakan adalah al hijamah (Metode CPC dalam terapi bekam basah) " .
Kesimpulannya , metode CPC lebih baik daripada metode PC dalam membersihkan darah dan ruang interstisial dari penyebab zat patologis. Standarisasi metodologi terapi bekam tampaknya penting untuk mendapatkan hasil terapi yang optimal.

Laporan lengkap hasil penelitian tersebut silahkan lihat atau unduh disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar