Hadits Online

Rabu, 10 Desember 2014

Hampir Menggadaikan Iman dengan 20 Sen

Jangan remehkan hal yang kecil. Karena bisa jadi ia merupakan ujian yang akan menjadi batu sandungan ataukah sebaliknya batu lompatan. Tak sedikit orang yang celaka karena mengabaikan hal-hal yang kecil dan banyak pula yang beruntung lantaran memperhatikannya.

Banyak contoh tentang hal ini. Misalnya bagaimana sebuah pesawat ulang-alik yang meledak belasan tahun lalu hanya karena kesalahan kecil. Tapi yang ingin kami tuturkan kali ini lebih bernilai dari itu. Simak kisah berikut yang kami comot dari salah satu blog.

Beberapa tahun lalu, ada seorang Imam dari Thailand yang diundang ke Malaysia untuk menjadi Imam tetap di sebuah masjid di sana. Imam itu biasa naik bis untuk pergi ke masjid.

Pada suatu hari, setelah Imam membayar ongkos dan duduk di dalam bis, ia segera sadar bahwa kondektur bis tersebut telah salah mengembalikan uangnya, ia kelebihan 20 sen.

Sepanjang perjalanan Imam tersebut memikirkan uang 20 sen tersebut.

"
Aku pulangkan tidak, ya?" Imam tersebut bertanya kepada dirinya.

"Ah...
perusahaan bis ini perusahaan besar...  20 sen ini pasti tak ada nilainya.. buat beli makanan kecil pun kurang," kata Imam tersebut.

Tak beberapa lama bis mendekati tujuan, sang Imam menekan bel dan bis tersebut pun berhenti.

Ketika Imam tersebut
hendak turun langsung dari bis, mendadak ia berhenti sesaat dan berpaling ke arah kondektur bis sambil mengembalikan kelebihan uang 20 sen tersebut.

"Tadi
kembalian anda lebih 20 sen", kata sang Imam kepada kondektur bis.

"Oh... terima kasih! Kenapa a
nda pulangkan 20 sen ini.. kan tak ada harganya nilai segini," tanya sang kondektur.

Imam tersebut menjawab, "
Uang tersebut bukan milik saya, sebagai seorang muslim saya harus berlaku jujur."

Kondektur bus tersebut pun tersenyum, dan berkata, "Sebenarnya saya sengaja memberi uang kembalian lebih sebanyak 20 sen ini, saya hendak menguji kejujuran anda wahai Imam. Saya sudah berulang-kali berfikir untuk memeluk Islam."

Imam tersebut turun dari b
is. Tubuhnya terasa menggigil dan lemas.  Imam tersebut beristighfar sambil menengadahkan wajahnya ke langit, "Astaghfirullah!!!Ampuni hamba Ya Allah... Hamba hampir menggadaikan Iman dengan 20 sen!!!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar