Hadits Online

Sabtu, 04 Agustus 2012

Ebook Belajar Bahasa Arab


Di bawah ini kami sajikan link download ebook belajar bahasa arab, di antaranya buku Belajar bahasa arab untuk orang non arab (durusul lughotil ‘arobiyah lighoiril nathiqin) yang disiarkan di Radio Rodja. Semuanya terdiri dari empat jilid dengan format pdf. Selain itu kami sertakan juga buku pendamping Panduan belajar bahasa arab tersebut yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kamus almunawir arab indonesia (format djvu) dan kamus almaurid arab inggris (pdf), yang kami kumpulkan dari beberapa sumber antara lain: kalamullah.com dan raudhatulmuhibbin.org. Perlu diketahui, sebagian ebook berformat pdf di halaman ini merupakan read online, artinya ketika anda mendownloadnya anda langsung dihadapkan pada ebook yang siap baca. Untuk itu di komputer anda harus sudah terpasang aplikasi pembaca file pdf seperti adobe reader atau foxit reader. Selanjutnya, bila anda ingin menyimpan ebook tersebut ke dalam komputer, lakukan dengan mengklik ikon save (gambar disket) atau dengan menekan Ctrl+S. Jika belum memiliki aplikasi tersebut anda bisa menggunakan foxit reader yang bisa didownload di sini.
Untuk anda yang tertarik mempelajari bahasa arab, silahkan download ebooknya di bawah ini.

Belajar bahasa arab (durusul lughotil ‘arobiyah)

Panduan Durusul lughotil’arobiyah (bahasa indonesia)


Kamus almunawir arab indonesia (28,9 MB)

Kamus almaurid arab inggris (29 MB)

Kamus almunawir digital
Berikut kami berikan kamus almunawir digital yang bisa digunakan untuk menterjemah teks berbahasa arab atau inggris ke indonesia atau sebaliknya. Dalam file Kamus Al-Munawir ini dilengkapi juga video tutorial cara menginstallnya sehingga anda bisa mengikutinya langkah demi langkah. Dan software ini tidak memerlukan software khusus lagi untuk mengoperasikannya.
Sekadar catatan, jika bahasa Indonesianya tidak muncul anda bisa mensetting lagi dengan cara:
 1. Membuka software yang telah tersinstall tadi.
 2. Dipojok kanan atas klik "Buka Menu" > Pengaturan > Data Kamus
 3. Lalu klik kotak yang ada di atas tulisan "Muat ulang" yang bertujuan untuk menentukan alamat file yang akan diambil datanya.
 4. Jika terbuka jendela baru cari tempat penyimpanan file master "Kamus Al-Munawir" lalu klik > Folder autoplay > Folder Docs > Database Munawir > Open
 5. Klik Muat Ulang > OK
Semoga bermanfaat. Yang membutuhkan silahkan klik di sini.

10 komentar:

  1. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

    Abu, ana mau tanya, file yg di link MF itu formatnya *.djvu, itu buka nya pake software apa ya?

    Jazakumullah khoir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warohmatullohi wabarokatuh.. antum bisa gunakan sumatra pdf. selain berukuran kecil dan ada versi portablenya, perangkat ini juga bisa digunakan untuk membuka beberapa jenis file seperti mobi, epub dsb-nya.

      Hapus
    2. Oh, ya. Antum bisa unduh lewat link pembuatnya di : http://blog.kowalczyk.info/software/sumatrapdf/. Filenya cuma tidak sampai 10 MB bila diinstall dan gratis. Versi potablenya malah lebih kecil lagi.

      Hapus
  2. ijin unduh dulu :) terima kasih banyak.

    BalasHapus
  3. aku ijin untuk download yaa :)

    BalasHapus
  4. syukran ya ustadz

    BalasHapus
  5. Salam, . trimakasih kamusnya, sangat membantu.

    BalasHapus
  6. izin download ustadz.., syukron

    BalasHapus
  7. Kamusnya sangat bermanfaat ustad, terutama untuk yang baru belajar bahasa arab . Terimakasih, .

    BalasHapus